Internet Commerce atau Ecom atau E-commerce atau Immerce yang pada dasarnya semua sebutan diatas mempunyai makna yang sama.
E-commerce
adalah suatu sistem penjualan,pemasaran, yang bisa mengandalkan dengan sistem
elektronik, seperti jasa pembelian online, kredit-debet,dll.
Istilah-istilah tersebut berarti membeli atau menjual
secara elektronik dan kegiatan ini dilakukan pada jaringan internet.
E-commerce juga
dapat berarti pemasangan iklan, penjualan dan dukungan dan pelayanan yang
terbaik menggunakan sebuah web shop (toko pada web) 24 jam sehari bagi seluruh
pelanggannya.
E-commerce menjadi salah satu sistem yang selama ini bermanfaat untuk
masyarakat,karena dia jasa nya sangat berguna seperti jaringan televisi,
koneksi internet,dan selama ini e-commerce bisa menguntungkan masyarakat.
Kegiatan e-Commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis yang
berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik,
SCM (supply chain management), e-pemasaran , atau pemasaran online ,
pemrosesan transaksi online , pertukaran data elektronik , dan sebagainya.
Berikut manfaat dari E-commerce yaitu:
- Mempermudah komunikasi antara produsen dan konsumen.
- Memperluas jangkauan calon konsumen dengan pasar yang luas.
- Mempermudah pembayaran karena dapat dilakukan secara online.
- Mempermudah penyebaran informasi.
Adapun karakteristik
dari E-commerce adalah
* Produk barang tidak terwujud
* Transaksi tanpa batas
Kita akan melihat pandangan luas e-commerce, yaitu bahwa e-commerce
dapat memfasilitasi operasi internal maupun eksternal perusahaan. Dengan pandangan
ini, istilah bisnis elektronik dan perdangangan elektronik akan
sama. Banyak operasi perusahaan adalah internal, dilaksanakan di dalam batas
perusahaan oleh bidang bisnis keuangan, sumber daya manusia.
Dan Perusahaan melaksanakan e-commerce untuk dapat mencapai
perbaikan organisasi secara keseluruhan. Perbaikan-perbaikan ini
diharapkan merupakan hasil dari manfaat utama. Ada pun perbaikan itu adalah
layanan pelanggan sebelum, selama, dan setelah penjualan ,perbaikan
hubungan dengan pemasokan dan komunikasi keuangan, peningkatan imbal balik
ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik.
Dan menurut saya bahwa peningkatan laba tidak termasuk ke dalam manfaat
yang diharapkan dari E-commerce.
Berikut kendala yang selama ini terdapat di dalam sebuah perusahaan yang
ada E-commerce yaitu :
- Biaya yang tinggi
- Kekhawatiran akan masalah keamanan
- Peranti lunak yang belum mapan atau belum tersedia
Klasifikasi Model Bisnise e-Commerce
Business to Business (B2B)
Karakteristik:
1.Trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara
mereka sudah terjalin hubungan yang
berlangsung cukup lama.
2. eCommerce antara usaha dan usaha baik pelanggan maupun
pemasok (supplier)
3. Melakukan transaksi
antar usaha ini secara elektronik dapat banyak keuntungan seperti lebih cepat,
lebih nyaman, lebih efisien
Business to Consumer (B2C)
Karakteristiknya:
1. e-Commerce antara usaha dan konsumen secara langsung
2. Dengan semakin banyaknya pribadi yang terhubung
pada internet maka pasar B2C semakin potensial
3. Konsumen
mendapatkan akses yang luas pada produk dan jasa yang ditawarkan secara online.
Consumer to Business (C2B)
Karakteristiknya:
1.e-Commerce
antara individu dan perusahaan secara langsung.
2.Dengan semakin
banyaknya individu yang menawarkan produk dan jasa melalui internet maka pasar
C2B semakin potensial.
3.Perusahaan
mendapatkan akses yang luas pada produk dan jasa yang ditawarkan oleh individu
Consumer to Consumer (C2C)
Karakteristiknya:
1. e-Commerce antaraindividudanindividusecaralangsung
2. Dengan semakin
banyaknya individu yang terhubung pada internet maka pasar C2C semakin potensial
E-COMMERCE DI
INDONESIA
1. Penggunaan media
elektronik untuk melakukan perniagaan / perdagangan
·
Telepon, fax, ATM, handphone, SMS
·
Banking: ATM phone banking,
internet banking
2. Secarakhusus
·
Penggunaan Internet untuk melakukan perniagaan
3. Disukai karena kenyamanannya
4. PasarIndonesia yang besar
5.Jenis layanan khas Indonesia yang hanya dimengerti oleh
orang Indonesia
6.Orang Indonesia
gemar berbicara(tapi kurang suka menulis/ dokumentasi) Contoh layanan khas Indonesia
Wartel& Warnet, SMS, Berganti-ganti handphone (lifestyle?), Games, kuis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar