Kamis, 26 April 2018

E - COMMERCE DALAM PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)


 
Internet Commerce atau Ecom atau E-commerce atau Immerce yang pada dasarnya semua sebutan diatas mempunyai makna yang sama.
E-commerce adalah suatu sistem penjualan,pemasaran, yang bisa mengandalkan dengan sistem elektronik, seperti jasa pembelian online, kredit-debet,dll.
Istilah-istilah tersebut berarti membeli atau menjual secara elektronik dan kegiatan ini dilakukan pada jaringan internet. 
E-commerce juga dapat berarti pemasangan iklan, penjualan dan dukungan dan pelayanan yang terbaik menggunakan sebuah web shop (toko pada web) 24 jam sehari bagi seluruh pelanggannya.
E-commerce menjadi salah satu sistem yang selama ini bermanfaat untuk masyarakat,karena dia jasa nya sangat berguna seperti jaringan televisi, koneksi internet,dan selama ini e-commerce bisa menguntungkan masyarakat.

Kegiatan e-Commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran , atau pemasaran online , pemrosesan transaksi online , pertukaran data elektronik , dan sebagainya.

Berikut manfaat dari E-commerce yaitu:
  • Mempermudah komunikasi antara produsen dan konsumen.
  • Memperluas jangkauan calon konsumen dengan pasar yang luas.
  • Mempermudah pembayaran karena dapat dilakukan secara online.
  • Mempermudah penyebaran informasi.
Adapun karakteristik dari E-commerce adalah

       * Produk barang tidak terwujud
       * Transaksi tanpa batas      

Kita akan melihat pandangan luas e-commerce, yaitu bahwa e-commerce dapat memfasilitasi operasi internal maupun eksternal perusahaan. Dengan pandangan ini, istilah bisnis elektronik dan perdangangan elektronik akan sama. Banyak operasi perusahaan adalah internal, dilaksanakan di dalam batas perusahaan oleh bidang bisnis keuangan, sumber daya manusia.

Dan Perusahaan melaksanakan e-commerce untuk dapat mencapai perbaikan organisasi secara  keseluruhan. Perbaikan-perbaikan ini diharapkan merupakan hasil dari manfaat utama. Ada pun perbaikan itu adalah  layanan pelanggan sebelum, selama, dan setelah penjualan ,perbaikan hubungan dengan pemasokan dan komunikasi keuangan, peningkatan imbal balik ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik. 

Dan menurut saya bahwa peningkatan laba tidak termasuk ke dalam manfaat yang diharapkan dari E-commerce.

Berikut kendala yang selama ini terdapat di dalam sebuah perusahaan yang ada E-commerce yaitu :
  • Biaya yang tinggi
  • Kekhawatiran akan masalah keamanan
  • Peranti lunak yang belum mapan atau belum tersedia

Klasifikasi Model Bisnise e-Commerce

Business to Business (B2B)
Karakteristik:
1.Trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah  terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama.
2. eCommerce antara usaha dan usaha baik pelanggan maupun pemasok (supplier)
3. Melakukan transaksi antar usaha ini secara elektronik dapat banyak keuntungan seperti lebih cepat, lebih nyaman, lebih efisien

Business to Consumer (B2C)
Karakteristiknya:
1. e-Commerce antara usaha dan konsumen secara langsung
2. Dengan semakin banyaknya pribadi yang terhubung pada internet maka pasar B2C semakin potensial
3. Konsumen mendapatkan akses yang luas pada produk dan jasa yang ditawarkan secara online.

Consumer to Business (C2B)
Karakteristiknya:
1.e-Commerce antara individu dan perusahaan secara langsung.
2.Dengan semakin banyaknya individu yang menawarkan produk dan jasa melalui internet maka pasar C2B semakin potensial.
3.Perusahaan mendapatkan akses yang luas pada produk dan jasa yang ditawarkan oleh individu

Consumer to Consumer (C2C)
Karakteristiknya:
1. e-Commerce antaraindividudanindividusecaralangsung
2. Dengan semakin banyaknya individu yang terhubung pada internet maka pasar  C2C semakin potensial

E-COMMERCE DI INDONESIA
1.     Penggunaan media elektronik untuk melakukan perniagaan / perdagangan
·        Telepon, fax, ATM, handphone, SMS
·        Banking: ATM phone banking, internet banking
2.     Secarakhusus
·        Penggunaan Internet untuk melakukan perniagaan
3. Disukai karena kenyamanannya
4. PasarIndonesia yang besar
5.Jenis layanan khas Indonesia yang hanya dimengerti oleh orang Indonesia
6.Orang Indonesia gemar berbicara(tapi kurang suka menulis/ dokumentasi) Contoh layanan khas Indonesia Wartel& Warnet, SMS, Berganti-ganti handphone (lifestyle?), Games, kuis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar